Sunday 19 January 2014

KETERANGAN LOGO TAHUN REMAJA-PEMUDA HKBP 2014

Logo Tahun Remaja-Pemuda HKBP 2014 dan Keterangannya


Keterangan Logo Tahun Remaja-Pemuda HKBP 2014



a)    Salib
Salib berwarna biru, melambangkan damai dan kasih karunia Kristus yang menaungi seluruh dunia. Demikian juga kasih karunia Kristus menaungi Remaja-Pemuda HKBP di mana saja berada, di seluruh dunia. Remaja- Pemuda HKBP harus meneladani pelayanan Yesus Kristus.

b)    Bumi
Bumi digambarkan dalam corak vertikal dan horizontal berwarna biru, mengingatkan Remaja-Pemuda HKBP agar dalam kehidupan senantiasa mengasihi Tuhan Allah dan mengasihi sesama manusia. Perpaduan corak vertikal dan horizontal juga membentuk gambar jejaring, yang menunjukkan jejaring pelayanan (network) generasi muda HKBP di seluruh dunia.
Dalam corak bumi terdapat warna putih, merah, hitam merupakan warna dasar dalam budaya Batak. Budaya Batak telah diterangi Injil Kristus dan telah disaksikan HKBP sepanjang sejarah pelayanannya di Tanah Batak. HKBP kini telah berkembang ke seluruh dunia.
Remaja-Pemuda HKBP tidak boleh melupakan budaya Batak meski berada pada zaman yang sangat maju serta pesatnya teknologi. Remaja-Pemuda HKBP harus bangga sebagai penerus generasi Batak yang berkarya dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dan bagi seluruh dunia dalam terang Injil Kristus.
c)    Nas Kolose 4 : 2-6
Tema khotbah awal Tahun 2014, sebagai Tahun Remaja-Pemuda HKBP. “HKBP marsitutu parade sundut naumposo mangadopi parhusoran ni tingki.” “HKBP mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan zaman.” Tema ini akan mengiringi berjalannya Tahun Remaja-Pemuda HKBP 2014.
d)    Gambar Ikon Manusia
Gambar ikon manusia mengelilingi bumi, menunjukkan generasi muda HKBP yang terus bergerak berkesinambungan. Remaja-Pemuda HKBP menjadi generasi yang produktif, kreatif, mau bekerja keras, optimis, dinamis, dan visioner.
Ada tiga ikon, merangkum semboyan generasi muda HKBP yaitu: “Marsitangiangan-Marsiurupan-Marsihaposan” (3M). Ada tiga warna dalam ikon: hijau, biru, dan kuning emas. Hijau menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan Remaja-Pemuda HKBP. Biru menunjukkan hidup Remaja-Pemuda HKBP yang didasari pengajaran dan pembinaan di HKBP. Kuning emas menunjukkan Remaja-Pemuda HKBP menjadi generasi emas yang mencintai HKBP dan kelak menjadi penerus kepemimpinan HKBP.
e)    Pita dan Tulisan
Pita berwarna dasar biru bertuliskan TAHUN REMAJA-PEMUDA HKBP 2014 berwarna putih. Menunjukkan pelaksanaan Tahun Remaja-Pemuda HKBP 2014 didasari perhatian HKBP terhadap generasi muda, secara jelas tercakup dalam tema khotbah awal Tahun 2014 (Kolose 4 : 2-6). Perhatian terhadap generasi muda HKBP adalah bagian yang tak terpisahkan dalam Rencana Induk Pengembangan Pelayanan (RIPP) HKBP. Tulisan berwarna putih menunjukkan generasi muda HKBP yang bersih dan tulus dalam menjalani kehidupan dan pelayanannya sebagai masa depan dan penerus Gereja HKBP.

No comments: