Sunday 12 October 2014

BANYAK YANG DIPANGGIL SEDIKIT YANG DIPILIH

NAMA MINGGU : MINGGU XVII DUNG                                     TRINITATIS
TOPIK                   : LAN DO NA JINOU                                          OTIK DO NA                                                    TARPILLIT





TOPIK MINGGU HKBP AIRMOLEK RESORT INDRAGIRI 12 OKTOBER 2014 ADALAH BANYAK YANG DIPANGGIL SEDIKIT YANG DIPILIH
EPISTEL Yesaya 25 : 1-9 Konteks Ucapan syukur karena musuh sudah musnah
 Ya TUHAN, Engkaulah Allahku; aku mau meninggikan Engkau, mau menyanyikan syukurbagi nama-Mu; sebab dengan kesetiaan yang teguh Engkau telah melaksanakan rancangan-Muyang ajaib yang telah ada sejak dahulu
 Sebab Engkau telah membuat kota itu menjadi timbunan batu, dan kota yang berkubu itu menjadi reruntuhan; puri orang luar tidak lagi menjadi kota, dan tidak dibangunkan lagi untuk selama-lamanya
 Oleh karena itu suatu bangsa yang kuat akan memuliakan Engkau; kota bangsa-bangsa yang gagah akan takutkepada-Mu.
  Sebab Engkau menjadi tempat pengungsian bagi orang lemah, tempat pengungsian bagi orang miskin dalam kesesakannya, perlindungan terhadap angin ribut, naungan terhadap panas terik, sebab amarah orang-orang yang gagah sombong itu seperti angin ribut di musim dingin, 
 seperti panas terik di tempat kering. Kegaduhan orang-orang luar Kaudiamkan; seperti panas terik ditiadakan oleh naungan awan, demikianlah nyanyianorang-orang yang gagah sombong ditiadakan.
Keselamatan bagi bangsa-bangsa di Sion
 TUHAN semesta alam akan menyediakan di gunung Sion ini bagi segala bangsa-bangsasuatu perjamuan dengan masakan yang bergemuk, suatu perjamuan dengan anggur yang tua benar, masakan yang bergemuk dan bersumsum, anggur yang tua yang disaring endapannya.
 Dan di atas gunung ini TUHAN akan mengoyakkan kain perkabungan yang diselubungkankepada segala suku bangsa dan tudung yang ditudungkan kepada segala bangsa-bangsa
 Ia akan meniadakan maut untuk seterusnya; dan Tuhan ALLAH akan menghapuskan air mata dari pada segala muka; dan aib umat-Nya akan dijauhkan-Nya dari seluruh bumi, sebab TUHANtelah mengatakannya
 Pada waktu itu orang akan berkata: "Sesungguhnya, inilah Allahkita, yang kita nanti-nantikan, supaya kita diselamatkan. Inilah TUHAN yang kita nanti-nantikan; marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita oleh karena keselamatan yang diadakan-Nya!"

KHOTBAH Matius 22 : 1-14 Konteks Perumpamaan tentang perjamuan kawin
 Lalu Yesus berbicara pula dalam perumpamaan kepada mereka:
 "Hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja, yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya. 
 Ia menyuruhhamba-hambanya memanggil orang-orang yang telah diundang ke perjamuan kawin itu, tetapi orang-orang itu tidak mau datang. 
 Ia menyuruh pula hamba-hamba lain, pesannya: Katakanlah kepada orang-orang yang diundang itu: Sesungguhnya hidangan, telah kusediakan, lembu-lembu jantan dan ternak piaraanku telah disembelih; semuanya telah tersedia, datanglah ke perjamuan kawin ini. 
 Tetapi orang-orang yang diundang itu tidak mengindahkannya; ada yang pergi ke ladangnya, ada yang pergi mengurus usahanya,
 dan yang lainmenangkap hamba-hambanya itu, menyiksanya dan membunuhnya. 
 Maka murkalah raja itu, lalu menyuruh pasukannya ke sana untuk membinasakan pembunuh-pembunuh itu danmembakar kota mereka. 
 Sesudah itu ia berkata kepada hamba-hambanya: Perjamuan kawin telah tersedia, tetapi orang-orang yang diundang tadi tidak layak untuk itu.
 9 Sebab itu pergilah ke persimpangan-persimpangan jalan dan undanglah setiap orang yang kamu jumpai di sana ke perjamuan kawin itu. 
10  Maka pergilah hamba-hamba itu dan mereka mengumpulkan semua orang yang dijumpainya di jalan-jalan, orang-orang jahat dan orang-orang baik, sehingga penuhlah ruangan perjamuan kawin itu dengan tamu. 
11 Ketika raja itu masuk untuk bertemu dengan tamu-tamu itu, ia melihat seorang yang tidak berpakaian pesta.
 12  Ia berkata kepadanya: Hai saudara, bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidakmengenakan pakaian pesta? Tetapi orang itu diam saja.
 13 Lalu kata raja itu kepada hamba-hambanya: Ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi. 
14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."

No comments: