Friday 28 August 2020

KEJADIAN 16


KEJADIAN 16

 Hagar dan Ismael

1 Adapun Sarai,   isteri Abram itu, tidak beranak.  Ia mempunyai seorang hamba perempuan,   orang Mesir, Hagar   namanya. 
2 Berkatalah Sarai kepada Abram: "Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak  .  Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah  aku dapat memperoleh seorang anak." Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai. 
3 Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu, --yakni ketika Abram telah sepuluh tahun   tinggal di tanah Kanaan  --,lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya. 
4 Abram menghampiri Hagar,  lalu mengandunglah perempuan itu. Ketika Hagar tahu, bahwa ia mengandung, maka ia memandang rendah akan nyonyanya   itu. 
5 Lalu berkatalah Sarai kepada Abram: "Penghinaan yang kuderita ini adalah tanggung jawabmu; akulah yang memberikan hambaku ke pangkuanmu, tetapi baru saja ia tahu, bahwa ia mengandung, ia memandang rendah akan aku; TUHAN kiranya yang menjadi Hakim antara aku  dan engkau."
 6 Kata Abram kepada Sarai: "Hambamu itu di bawah kekuasaanmu;   perbuatlah kepadanya apa yang kaupandang baik." Lalu Sarai menindas  Hagar, sehingga ia lari meninggalkannya. 
7 Lalu Malaikat TUHAN   menjumpainya dekat suatu mata air  di padang gurun, yakni dekat mata air di jalan ke Syur. 
8 Katanya: "Hagar,   hamba Sarai, dari manakah datangmu dan ke manakah pergimu?  " Jawabnya: "Aku lari meninggalkan Sarai, nyonyaku." 
9 Lalu kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Kembalilah kepada nyonyamu, biarkanlah engkau ditindas di bawah kekuasaannya." 
10 Lagi kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu, sehingga tidak dapat dihitung   karena banyaknya." 
11 Selanjutnya kata Malaikat TUHAN  itu kepadanya: "Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki   dan akan menamainya   Ismael  ,   sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan  atasmu itu. 
12 Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai  liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua   saudaranya.  "
 13 Kemudian Hagar menamakan TUHAN yang telah berfirman kepadanya itu dengan sebutan: "Engkaulah El-Roi.  " Sebab katanya: "Bukankah di sini kulihat Dia yang telah melihat aku? 
14 Sebab itu sumur   tadi disebutkan orang: sumur Lahai-Roi;   letaknya antara Kadesh   dan Bered. 
15 Lalu Hagar  melahirkan seorang anak laki-laki   bagi Abram dan Abram menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismael. 
16 Abram berumur delapan puluh enam tahun,   ketika Hagar melahirkan Ismael baginya.

No comments: