Sunday 8 May 2016

Pertobatan membawa manusia kepada kehidupan



Ibadah minggu HKBP Airmolek Resort Indragiri
Minggu, 24 April 2016
Minggu KANTATE
"Endehon hamu ma di Jahowa ende na imbaru"
Topik minggu : Hamubaon mamboan jolma tu hangoluan

Epistel :Yesaya 1 : 10-20
Konteks

Bertobat lebih baik dari mempersembahkan korban
1:10 Dengarlah firman TUHAN,   hai pemimpin-pemimpin, manusia Sodom!   Perhatikanlah pengajaran   Allah kita, hai rakyat, manusia Gomora!   1:11 "Untuk apa itu korbanmu  yang banyak-banyak?" firman TUHAN; "Aku sudah jemu akan korban-korban bakaran berupa domba jantan dan akan lemak dari anak lembu   gemukan; darah lembu jantan   dan domba-domba dan kambing jantan   tidak Kusukai.   1:12 Apabila kamu datang untuk menghadap di hadirat-Ku, siapakah yang menuntut itu dari padamu,   bahwa kamu menginjak-injak pelataran Bait Suci-Ku? 1:13 Jangan lagi membawa persembahanmu   yang tidak sungguh, sebab baunya   adalah kejijikan   bagi-Ku. Kalau kamu merayakan bulan baru   dan sabat atau mengadakan pertemuan-pertemuan,   Aku tidak tahan melihatnya, karena perayaanmu itu penuh kejahatan. 1:14 Perayaan-perayaan bulan barumu   dan pertemuan-pertemuanmu   yang tetap, Aku benci  melihatnya; semuanya itu menjadi beban bagi-Ku,   Aku telah payah   menanggungnya. 1:15 Apabila kamu menadahkan tanganmu   untuk berdoa, Aku akan memalingkan   muka-Ku, bahkan sekalipun kamu berkali-kali berdoa, Aku tidak akan mendengarkannya  ,  sebab tanganmu   penuh dengan darah. l 1:16 Basuhlah,   bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku.   Berhentilah berbuat jahat,   1:17 belajarlah berbuat baik;  usahakanlah keadilan,   kendalikanlah orang kejam;   belalah hak anak-anak yatim,  perjuangkanlah perkara janda-janda!   1:18 Marilah, baiklah kita berperkara  !   --firman TUHAN--Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju;   sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu   domba.1:19 Jika kamu menurut dan mau mendengar,   maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu.   1:20 Tetapi jika kamu melawan dan memberontak,   maka kamu akan dimakan oleh pedang.  " Sungguh, TUHAN yang mengucapkannya.

Khotbah : Kisah para rasul 11 : 1-8

Konteks
Petrus mempertanggungjawabkan baptisan Kornelius di Yerusalem
11:1 Rasul-rasul dan saudara-saudara  di Yudea mendengar, bahwa bangsa-bangsa lain juga menerima firman Allah.  11:2Ketika Petrus tiba di Yerusalem, orang-orang dari golongan yang bersunat  berselisih pendapat dengan dia. 11:3 Kata mereka: "Engkau telah masuk ke rumah orang-orang yang tidak bersunat dan makan bersama-sama dengan mereka.  " 11:4Tetapi Petrus menjelaskan segala sesuatu berturut-turut, katanya: 11:5 "Aku sedang berdoa di kota Yope, tiba-tiba rohku diliputi kuasa ilahi dan aku melihat suatu penglihatan:   suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya diturunkan dari langit sampai di depanku. 11:6 Aku menatapnya dan di dalamnya aku lihat segala jenis binatang berkaki empat dan binatang liar dan binatang menjalar dan burung-burung. 11:7 Lalu aku mendengar suara berkata kepadaku: Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah! 11:8 Tetapi aku berkata: Tidak, Tuhan, tidak, sebab belum pernah sesuatu yang haram dan yang tidak tahir masuk ke dalam mulutku.

No comments: