Sunday 10 November 2013

Titah, Epistel, dan Khotbah HKBP 10 Novemper 2013

Topik Minggu

Taluhon Ma Hajahaton Marhite Ulaon Na Denggan

Titah Matius 5: 16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.

Epistel Amsal 26: 17-28  17 Orang yang ikut campur dalam pertengkaran orang lain adalah seperti orang yang menangkap telinga anjing yang berlalu. 18 Seperti orang gila menembakkan panah api, panahdan maut, 19 demikianlah orang yang memperdaya sesamanya dan berkata: "Aku hanya bersenda gurau." 20 Bila kayu habis, padamlah api; bila pemfitnah tak ada, redalahpertengkaran. 21 Seperti arang untuk bara menyala dan kayu untuk api, demikianlah orang yang suka bertengkar untuk panasnya perbantahan. 22 Seperti sedap-sedapanperkataan pemfitnah masuk ke lubuk hati. 23 Seperti pecahan periuk bersalutkan perak, demikianlah bibir manis dengan hati jahat. 24 Si pembenci berpura-pura dengan bibirnya, tetapi dalam hati dikandungnya tipu daya. 25 Kalau ia ramah, janganlah percaya padanya, karena tujuh kekejian ada dalam hatinya. 26 Walaupun kebenciannyadiselubungi tipu daya, kejahatannya akan nyata dalam jemaah. 27 Siapa menggali lobang akan jatuh ke dalamnya, dan siapa menggelindingkan batu, batu itu akan kembali menimpadia. 28 Lidah dusta membenci korbannya, dan mulut licin mendatangkan kehancuran.

Roma 12: 17-21 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan;   lakukanlah apa yang baik bagi semua orang!   18 Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!   19 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan,   tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan,   firman Tuhan. 20 Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.   21 Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

Lagu Favorite BE. No. 785:2

2. Sai Tundalhon Dosa, Sai Burjo Ma Ho/ Unang Si insahan Di Parange Ho/ Anak Hatiuron Baen Tiruan Ho/ Jesus Pangasahon Ingkon Monang Ho.


Reff: Jalo Pangurupion Sian Tuhanta Jesus/ Dapot Hagogoon Mandopang Musui.















No comments: